Ribuan Warga Probolinggo Ngabuburit Ramadan

PROBOLINGO (KABARBROMO.COM) Memasuki hari ketiga bulan suci Ramadan 1444 H, Kota Probolinggo terpilih sebagai kota pertama gelaran Konser Ngabuburit dan Tabligh Akbar “Nikmatnya Ramadan” bersama MNC Media, Sabtu (25/3) di Alun-alun. 

Konser yang mendatangkan artis kenamaan ibu kota seperti Armada Band, muballigh Zacky Mirza, Ustaz Munawir Ngacir menyapa warga sekira pukul 15.45 WIB.

Hadir dalam giat yang dimulai sore tadi, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin beserta istri Aminah Hadi bersama putri kecil mereka, didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo.

Ada sejumlah venue yang disiapkan. Dimana panggung utama berada di sisi sebelah barat depan Masjid Agung Raudhatul Jannah. Di depannya, berjejer beberapa tenda untuk tamu VIP dan tamu kehormatan dari kalangan santri yang berasal dari perwakilan beberapa pondok pesantren yang ada di Probolinggo. 

Konser Ngabuburit kali ini tak hanya diisi dengan lantunan sholawat dan musik religi, namun juga diisi dengan games sambung ayat (suci Al Quran), games seru yang dipandu host David Chalik dan Zee Zee Shahab.

Tak hanya itu, setengah jam menuju kumandang adzan Maghrib pukul 17.38 WIB, Lord Adi jebolan Master Cheff Indonesia secara spesial tampil membuat sajian berbahan dasar santan Sasa, dengan menu takjil es Buto Ijo, langsung di atas panggung utama.

Ditemui di sela-sela acara, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi menyampaikan, sudah sepatutnya sebagai masyarakat asli Kota Probolinggo, kita bersyukur mendapat suguhan seperti ini di momen Ramadan. 

 “Alhamdulillah tentunya. Dengan kegiatan seperti ini sepatutnya kita bersyukur, kota kita terpilih oleh Inews tv (untuk acara Konser Ngabuburit dan Tabligh Ramadan). Tentu kita terbuka dan mengapresiasi giat ini,” ucapnya.

Ayah dari empat orang anak itu juga menyiratkan, jika event serupa akan terus dihadirkan dengan menggandeng kerja sama dengan sejumlah kalangan, guna memberikan hiburan pada masyarakat.

“Tunggu saja. Kita akan upayakan bagaimana event-event seperti ini bisa terselenggara di Kota Probolinggo khususnya, dengan sejumlah catatan tentunya,” pesannya.

Catatan itu adalah salah satunya, bila masyarakat bisa menunjukkan sportivitas dan kekompakan, keamanan dan kenyamanan yang harus dijaga secara bersama-sama. “Ayok kita tunjukkan sportivitas, kekompakan dan keamanan bersama-sama, saya kira itu,” tandasnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Wali kota Habib Hadi, Marketing Komunikasi MNC Media Yudi Ariyanto mengatakan, Kota Probolinggo menjadi kota pertama yang dipilih sebagai kota jujugan safari Ramadan.
Hal itu, tambahnya, tak terlepas dari ikon sebagai Kota Santri yang melekat pada kota yang dipimpin oleh seorang Cucu Nabi Muhammad SAW itu. 

“Kita melihat, Kota Probolinggo itu adalah Kota Santri. Nah, justru mengingat kota santri yang tenang dan kondusif itulah maka kota ini dipilih. Selain itu kami melihat, animo masyarakat (Kota Probolinggo) terhadap adanya acara-acara bertema tausiyah begitu besar,” katanya.

Ia berharap dengan adanya event ini masyarakat bisa berbondong-bondong datang ke Alun-alun dan pulang dengan membawa banyak hal yang didapat. Termasuk keberkahan Ramadan, sehingga nantinya masyarakat bisa menjalani hari-hari bermanfaat lainnya di bulan Ramadan berikutnya.

“Ya ilmu, ya hiburan juga. Mari kita sukseskan acara ini dengan kedamaian. Berkahnya Ramadan pun didapat,” pungkasnya.


Sementara itu, dalam tausyiah singkatnya jelang berbuka puasa tadi, Ustaz Munawir Ngacir di dampingi Ustaz Zacky Mirza menyampaikan tidurnya orang berpuasa adalah bernilai ibadah.

“Tidurnya orang berpuasa itu buat ibadah, puasanya buat tasbih dan amalnya akan dilipatgandakan oleh Allah Subhanallahu Wa Ta’ala. In sya’Allah ,” katanya.

Pada momen tausiyah dengan tema “Sibuk Bukber Akhirnya Nggak Salat”, Ustad Zacky Mirza menambahkan bahwa sesibuk apapun aktivitas yang dilakukan, seorang muslim hendaknya tidak meninggalkan kewajiban salat, kapan dan dimana pun, apapun alasannya.

“Yang namanya ibadah itu harus konsisten dan istiqamah. Yang Allah lihat itu istiqamahnya dalam kebaikan. Bekerjalah untuk duniamu, seolah-olah engkau akan hidup selamanya. Dan berbuatlah untuk akhiratmu, seolah-olah engkau mati besok,” tegasnya.

Usai Tarawih nanti giat akan berlanjut dengan Tabligh Ramadan. Akan diisi antara lain TGB, Gus Azmi Syubanil Muslimin yang akan membawakan lantunan sholawat, Letto Band, Wahid KDI, Stand Up Comedy Fuad Naim. (HUM/KB)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *